Powered by Blogger.

Macam-macam Penyakit Tulang Pada Manusia

Posted by Penyakit Skoliosis

Macam-macam Penyakit Tulang - Tulang dalam tubuh manusia memiliki peranan yang sangat penting. Bila terjadi masalah pada tulang, tentunya akan berdampak buruk terhadap penderitanya. Tahukah Anda bahwa penyakit tulang ini terjadi dan timbul dengan cara diam-diam tanpa diketahui oleh penderitanya, dan baru diketahui ketika penyakit tulang yang dikeluhkan tersebut memasuki tahapan kronis atau parah.

Macam-macam Penyakit Tulang Pada Manusia

Penyakit Tulang yang saat ini paling sering dijumpai adalah penyakit osteoporosis atau penyakit tulang keropos, yang akan membuat tulang semakin rentan patah dan tentunya ini akan berakibat fatal, hingga penderitanya itdak bisa melakukan aktivitas seperti biasanya.

Macam-macam Penyakit Tulang

1. Osteoporosis
Penyakit osteoporosis ini adalah salah satu jenis penyakit yang diakibatkan oleh menurunnya kekuatan tulang, sehingga tulang menjadi rapuh dan rentan patah. Hal ini diakibatkan oleh kurangnya asupan kalsium pada tulang, dan kalsium ini biasanya bisa kita dapatkan melalui berbagai jenis makanan ataupun minuman yang kita konsumsi sehari-hari.

2. Kiposis
Adalah gangguan pada tulang belakang, sehingga tulang belakang penderita melengkung ke depan dan muncul badan menjadi bongkok.

3. Osteomalacia
Pada kasus ini, tulang penderita penyakit osteomalacia akan menjadi lunglai. Penyakit tulang jenis ini diakibatkan oleh kurangnya vitamin D atau bisa juga diakibatkan oleh metabolisme pada tubuh. Penyakit tulang osteomalacia sama seperti osteoporosis, tulang akan menjadi keropos dan mudah patah.

4. Rickets
Penyaki rickets ini sering terjadi pada anak-anak yang sedang mengalami masa pertumbuhan. Penyakit ini disebabkan oleh penumpukan kalsium di tulang atau akibat radiasi matahari.

5. Ankilosis
Gangguan pada persendian, sehingga sendi tidak bisa digerakkan dan dimana ujung-ujung antara tulang terasa bersatu.

Tulang memiliki peranan penting dalam organ tubuh, karena tulang adalah bagian yang utama dalam pergerakan tubuh. Oleh karena itu, menjaga kesehatan tulang dengan memenuhi asupan kalsium dari makanan yang kita konsumsi sangatlah penting untuk dilakukan. Selain itu, periksakanlah kesehatan tulang Anda, agar bisa mengetahui keadaan kesehatan tulang Anda sedini mungking dan bisa melakukan pencegahan sebelum penyakit tulang menyerang Anda. Semoga bermanfaat..

Related Post



Post a Comment