Powered by Blogger.

Tips Pencegahan Penyakit Skoliosis

Posted by Penyakit Skoliosis

Tips Pencegahan Penyakit Skoliosis - Dalam penyakit skoliosis, tulang belakang melengkung abnormal ke samping atau memiliki liku yang tidak biasa. Meskipun penyakit sakoliosis tampaknya diturunkan dalam beberapa keluarga (genetic factor), sebagian besar kasus muncul karena alasan yang tidak diketahui. Khususnya pada anak-anak dan remaja yang sebelumnya memiliki tulang belakang yang lurus namun berubah melengkung dan secara tiba-tiba menunjukkan gejala skoliosis ini.

Tips Pencegahan Penyakit Skoliosis
Tips Pencegahan Penyakit Skoliosis

Meskipun dipengaruhi oleh faktor genetik, ada cara alami untuk menghindari penyakit tulang bengkok atau penyakit skoliosis ini:
  1. Hindari kegiatan yang membutuhkan pekerjaan yang terlalu keras hanya pada satu sisi tubuh, jenis umum dari skoliosis, disebut dengan skoliosis idiopatik, sebagian besar disebabkan oleh ketidakseimbangan otot. Karena itu, hindarilah membawa tas, kantung belanja atau apapun yang terlalu berat pada salah satu bagian tubuh saja.
  2. Latihan otot punggung. Memiliki otot punggung yang kuat dan stabil sama saja dengan mencegah terjadinya penyakit skoliosis, karena otot punggung yang mendukung tulang belakang akan menjaganya dalam kondisi kurva yang tepat. Beberapa latihan kekuatan direkomendasikan yaitu pada latihan kekuatan pada punggung, kaki dan juga kekuatan otot lengan.
  3. Mendapatkan asupan vitamin dan mineral yang tepat. Kalsium memberikan kontribusi penting untuk menjaga kesehatan tulang. Jadi makan makanan seperti oatmeal, kacang kedelai (lebih baik direbus tanpa garam), almond, dan bahkan sarden akan menjaga tulang tetap kuat dan stabil, sehingga penyakit skoliosis atau penyakit tulang bengkokpun dapat dihindari.
Demikianlah sajian informasi mengenai tips mencegah terjadinya penyakit skoliosis. Semoga bermanfaat dan menambah pengatahuan Anda mengenai penyakit kelainan tulang yang membengkok atau yang disebut dengan penyakit skoliosis. 

Related Post



Post a Comment